Connect with us

Daerah

229 Penumpang KM Satya Kencana IX Berhasil Dievakuasi

Diterbitkan

Pada

KM Satya Kencana IX yang terbakar

Banjarmasin, rakyatbangkit.com – Sebanyak 229 penumpang KM Satya Kencana IX yang terbakar di 54 mil barat daya Tanjung Selatan pada Sabtu (4/8/2018) pagi, berhasil dievakuasi.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banjarmasin, Mujiono, kepada wartawan, Sabtu (4/8/2018).

“Jumlah yang dievakuasi tersebut, 112 orang diantaranya dievakuasi melalui Kapal Niki Sae, dan 21 orang melalui KM Kumala, dan sisanya dievakuasi melalui kapal-kapal terdekat yang berada di lokasi,” ujar Mujiono menambahkan.

Dia juga mengatakan, Tim SAR Banjarmasin menerima informasi awal bahwa penumpang kapal itu 250 orang, namun masih berusaha memastikan jumlahnya berkoordinasi dengan PT Dharma Lautan Utama selaku pemilik kapal.

“Artinya, kalau memang ternyata hanya 229 orang, berarti sudah habis semua penumpang dievakuasi dengan selamat, termasuk 29 kru kapal dan nakhoda Sucipto. Hanya ada satu orang meninggal dunia akibat kelelahan,” ujarnya.

Meski demikian, dia mengatakan bahwa Tim SAR masih melakukan penyisiran di lokasi sekitar kapal terbakar. Hal itu guna memastikan tidak ada lagi penumpang yang tertinggal. “Termasuk korban yang mencebur ke laut saat kejadian,” katanya.

Mujiono menambahkan, upaya pencarian korban akan dilakukan hingga tujuh hari ke depan sesuai Undang-Undang No 29 tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

“Tim SAR gabungan dari Basarnas, Ditpolairud Polda Kalsel, Lanal Banjarmasin, Tagana, SROP Banjarmasin dan KSOP Banjarmasin melakukan upaya maksimal dalam proses evakuasi. Untuk Basarnas sendiri mengerahkan KN Laksmana dengan 20 personel,” tandasnya.

Penumpang kapal yang selamat dibawa ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Sabtu malam, dan mereka yang membutuhkan perawatan langsung dibawa ke rumah sakit. (RB-5)

BACA JUGA :  Delapan Driver Online Pengantar 'Tuyul' Ditangkap
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

can i buy zoloft online, zithromax without prescription